Wakil Rakyat yang Selalu ada untuk Rakyatnya

Ir. H. M. Rizki Jonis, M. Si merupakan salah satu anggota dewan perwakilan rakyat daerah Tangerang Selatan dari partai Demokrat yang termasuk dalam fraksi PADI. Beliau bertugas dalam komisi IV yang bertanggung jawab terhadap pembangunan dan infrastruktur.

Pak Rizki yang sudah mendapatkan gelar “Haji” ini berdomisili di Pamulang 2, tepatnya di Jalan Benda Barat 7, blok c10 no. 11. Walaupun beliau tinggal di Benda Barat 7, warga Benda Timur pun hampir semuanya kenal dengannya dan bila ingin mengajukan pembangunan atau peningkatan dalam bidang apapun, pasti dialah yang dicari masyarakat Jalan Benda Pamulang 2.

Pria yang akan menduduki umur 51 tanggal 25 Januari nanti sedang menjalani periode jabatan menjadi dewan untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya pada periode 2009-2014 beliau mengajukan diri dari Serpong dan juga mendapatkan suara dari masyarakat Serpong.

Pak Rizki tinggal bersama keluarganya yaitu istri dan ketiga anaknya: dua perempuan, satu di akan menjalankan PKL untuk kuliahnya dan satu lagi masih di bangku SMU dan satu lagi lelaki yang masih duduk di bangku SMP. Beliau juga memiliki 2 pembantu rumah tangga yang tinggal dirumahnya. Pak Rizky memiliki tiga buah mobil: satu buah innova dengan nomor polisi B 1510 RFJ, satu buah fortuner dengan nomor polisi B 779 RZK, dan satu buah swift dengan nomor polisi B 779 NL. Rumah beliau pun dilengkapi dengan CCTV yang mengawasi 3 sudut: depan, samping, dan keseluruhan dari atas. Karena banyaknya CCTV tersebut pun foto yang saya dapatkan sangatlah terbatas.

Pak Rizki beserta keluarganya memang cukup dikenal oleh maryarakat Pamulang 2. Mereka dikenal sebagai keluarga yang ramah, baik, dan murah hati. Istrinya pun terkenal sering mengadakan open house untuk warga sekitar untuk makan bersama.

Saat saya hendak kerumahnya untuk meminta izin wawancara awalnya saya gugup karena rumahnya memang terlihat besar dan banyak CCTV, dank arena saya sudah sering mondar mandir kesitu namun belum pernah bisa masuk saya semooat takut rekaman CCTV akan membuat pak Rizki curiga. Namun ternyata saat pertama kali berbicara dengannya melalui telfon yang nomornya saya dapatkan dari salah satu tetangganya yang saya kenal dari gereja saya, beliau ternyata merupakan orang yang ramah dan baik, dan pada hari itu juga dimana saya diundang untuk langsung kerumahnya untuk melakukan wawancara saya disuguhukan makanan, persis seperti yang dikatakan oleh warga sekitar, dimana keluarga tersebut ramah menjamu.

Pak Rizki mengaku tidak mempunyai bisnis ataupun kerjaan sampingan diluar menjadi dewan. Beliau pun mengaku bahwa dia sudah menyerahkan LHKPN saat terima jabatan menjadi anggota dewan perwakilan rakyat daerah untuk kota Tangerang Selatan, dan bila belum ada di website dari KPK maka mungkin KPK sedang mengalami kendala atau semacamnya. Beliau juga memiliki blogspot <http://rizkijonis.blogspot.co.id/&gt; yang aktif yang sering beliau update mengenai aspirasi dan kinerjanya, namun beliau mengaku untuk periode yang kedua ini beliau belum mengupdate karena belum menemukan waktu disela melakukan kerjaannya yang semakin banyak.

Awalnya saat melakukan wawancara saya mendapat beliau sedikit defensive dengan topik LHKPN dan kerjaan diluar menjadi dewan, namun hal tersebut tidak asing karena dalam pengalaman saya mewawancarai bu Dewi Indah dan pak Saprudin untuk anggota kelompok saya yang lain, saya mendapatkan mereka melakukan tindakan yang sama. Mungkin hal tersebut dikarenakan pemerintah ataupun pemimpin rakyat sudah mengetahui cap “koruptor” yang diberikan oleh kebanyakan masyarakat. Namun pada akhirnya ketiga anggota dewan yang saya wawancarai tersebut tetap terbuka dengan semua pertanyaan saya.

Dari tiga wawancara investigasi yang saya lakukan, saya memilih pak Rizki Jonis untuk menjadi laporan saya karena beliaulah anggota dewan yang saya rasa saya paling banyak invesitgasi, mulai dari menanya ke warga sekitar, ke tetangga saya juga karena saya tinggal di Pamulang 2, dan juga saya melakukan wawancara dengannya secara individu, bukan dengan anggota kelompok saya yang lain. Pak Rizki juga merupakan tokoh yang menarik untuk di investigasi, beliau terkenal ramah dan jujur, dan dari artikel artikel yang saya baca di internet beliau bukan orang yang dapat menerima ketidakadilan dan ketidak strukturan dalam perihal perkerjaan. Sebagai dewan yang menjabat dua periode juga tentunya membuatnya mempunyai pandangan dan pengetahuan yang lebih banyak. Dari yang saya lihat pun dari rumahnya, anak anaknya, pembantu rumah tangganya, dan hasil investigasi lainnya, saya menyimpulkan bahwa pak Rizki merupakan anggota dewan yang jujur dan sangat peduli dengan masyarakatnya,

Angesti Citra Asih

Leave a Reply

