Rangga Nurkusuma Putra, Wakil Ketua Komisi III Tangerang Selatan

Rangga Nurkusuma Putra, SE merupakan wakil ketua Komisi III DPRD Tangerang Selatan 2014 – 2019. Beliau terpilih melalui Dapil 6 Pamulang.  Beliau berkediaman di Jl. Cikini Timur Dalam No 1 RT 01/01. Ketika saya mendatangi rumah pria kelahiran Jakarta, 4 Desember 1982 rumah tersebut tampak sepi. Saya bertanya kepada tetangga yang berada di seberang rumah. Bapak yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan Pak Rangga jarang pulang ke rumah dan ternyata rumah di hadapan saya ini merupakan rumah menantu Pak Rangga.

Kemudian saya mengucapkan permisi dan menunggu selama beberapa menit di depan rumah tersebut. Tak lama keluar seorang laki-laki kisaran umur 30 tahun. Saya mengenalkan diri dan mengatakan apa benar rumah ini rumah Pak Rangga. Pria yang bernama Joni itu mengatakan Pak Rangga sudah pindah. Pak Rangga pindah di Komplek Deplu, Cipanduk, Tangerang. Pria yang bernama Joni ini merupakan penjaga rumah menantu Pak Rangga, mengingat almarhum menantu Pak Rangga sudah meninggal. Ketika saya bertanya alamat persis kediaman Pak Rangga, pria itu tampak menutup-nutupi.

rumah-orang-tua-rangga-nurkusuma-putra-1

rumah-orang-tua-rangga-nurkusuma-putra-2

Alamat rumah yang dicantumkan di website dengan alamat asli berbeda

Wakil Ketua Komisi III dari Fraksi Golkar ini cukup aktif di media sosial, terutama Facebook. Seperti Sabtu, 14 Desember 2017 pukul 8.49 WIB, Rangga memposting status Kampaye Terbuka Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Banten 2017 – 2022 nomor urut 1 Wahidin Halim dan Hazrumy.

r1

Berkaitan dengan berita terkait Rangga Nurkusuma Putra, SE yang berhasil saya dapatkan adalah kasus kartu BPJS kesehatan anggota dewan yang tidak berfungsi. Dalam artikel disebut beberapa anggota DPRD diantaranya Eeng Sulaiman, Rangga Nurkusuma Putra, dan Undang Kasi Ujar tidak bisa menggunakan kartu BPJS. Menurut anggota dewan, Muhammad Aziz, kejadian kartu BPJS yang tidak bisa digunakan semestinya tidak terjadi karena iuran BPJS merupakan potongan gaji dari anggota DPRD Tangerang Selatan.

Sebenarnya apa tugas Komisi III DPRD Tangerang Selatan ini? Tugas Komisi III DPRD Tangerang Selatan adalah mengesahkan APBD 2017 dan membentuk Badan Musyawarah, Badan Anggaran, dan Badan Kehormatan. Agenda yang saya temukan kinerja Komisi III DPRD Tangsel ini adalah pertemuan yang membahas Perda parking on the street bersama Dishub dan PT Pan Satria Sakti.

Sebelum mendatangi kediaman Rangga Nurkusuma Putra, saya mendatangi KPUD Tangerang Selatan dua kali. Pertama, saat saya memberikan surat izin. Kedua, wawancara terkait LHKPN. Kendala saat proses liputan pertama, saya dan rekan saya tersesat saat mencari alamat. Begitu sampai KPUD sudah tutup, beruntung saya masih sempat meminta kontak Staf terkait data LHKPN, Sri Annisa. Beberapa hari berganti, saya mengontak Ibu Sri Annisa, saya diizinkan datang besok sore. Kunjungan kedua, saya seorang diri dan bertemu dengan banyak staf KPUD namun tak mau menyebutkan nama bahkan tak mau direkam. Staf pertama menjelaskan, KPUD tidak memiliki salinan LHKPN anggota DPRD Tangsel. Jika menginginkan data tersebut bisa ke anggota dewan langsung atau KPK atau Sekretaris Dewan. Saya bersikukuh apakah benar sama sekali tidak ada salinan data LHKPN tersebut, bapak itu mengiyakan. Saya cukup lama berada di KPUD sekitar dua jam. Setelah mengobrol dengan staf pertama, saya dipertemukan dengan Pak Sam yang lebih paham tentang LHKPN. Jujur ketika berkenalan saya curiga kenapa hanya mengenalkan diri dengan nama Sam. Setelah wawancara panjang lebar, KPUD memang tidak memiliki salinan LHKPN. Mereka hanya memiliki salinan LHKPN Walikota.

Oleh: Cecilia Ardisty – 14140110146

 

 

 

Leave a Reply

