Aguslan Busro, Anggota Dewan yang tidak Berawal dari Partai

“Gaji anggota dewan sekitar 4 juta 7 ratus sampai lima juta tapi kalau dengan tunjangan totalnya 26 sampai 27 juta”

1484364477886

Ruang Tamu Aguslan Busro.

Ketua Fraksi Hanura DPRD Tangerang Selatan, Aguslan Busro menjelaskan pendapatannya sebagai anggota dewan di ruang tamu bercat cokelat. Penghasilan menjadi anggota dewan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Tangerang Selatan Nomor 2 Tahun 2011 Pasal 10 yaitu uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan panitia musyawarah, tunjangan komisi, tunjangan panitia anggaran, tunjangan badan kehormatan, tunjangan badan legislasi, dan tunjangan alat kelengkapan lainnya. Pembagian uang representasi dan tunjangan yang diterima anggota dewan pun dibagi sekian persen dari pendapatan ketua DPRD Tangerang Selatan.

Anggota Badan Anggaran DPRD Tangerang Selatan ini pun mengakui pendapatannya tidak hanya dari anggota dewan. Proyek, showroom mobil, dan design interior menjadi pemasukan selain menjadi anggota dewan. Namun, ketiga pemasukan tersebut tidak dibangun di wilayah Tangerang Selatan. Showroom mobil bertempat di petukangan dan design interior bertempat di Bali.

Bapak tiga anak ini mengakui perlunya uang banyak untuk menjabat sebagai anggota dewan. Namun, penjabatannya di periode pertama ini tidak memerlukan uang banyak. Dukungan dari lingkungannya menjadi motivasi Aguslan Busro untuk maju sebagai anggota dewan. Aguslan Busro bukanlah berawal dari Partai Hanura, pencalonannya pun dilakukan satu bulan sebelum pemilu. Pembangunan lingkungan untuk menjadi lebih baik menjadikannya maju sebagai anggota dewan. Berawal dari lingkungannya yang gelap dan banjir, kini penerangan jalan dan pengangkatan jembatan di lingkungan rumahnya, Pondok Maharta menjadi bukti kerjanya. Fokusnya dalam hal pembangunan infrastruktur membuatnya menjadi ketua Fansus dalam pemanfaatan bagian jalan di tahun 2017.

Selain infrasturktur, pendidikan juga menarik perhatian Aguslan Busro. Menurut Aguslan Busro, sekolah-sekolah sekarang masih kurang dalam motivasi kepada siswanya sehingga siswa masih bingung menentukan cita-citanya. Usulannya mengenai mengajar motivasi kepada SMA di Tangerang Selatan ditolak oleh pemerintah. Pemerintah Tangerang Selatan menganggap usulannya cukup berat untuk dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan Aguslan Busro mengusulkan pengajaran motivasi dilakukan oleh seluruh anggota DPRD Tangerang Selatan di tahun kedua setelah di tahun pertama dengan siap lulusan management ini akan mengajar seorang diri.

Sebagai pejabat negara, Laporan Harta Kekayaan manjadi syarat saat menjadi pejabat negara salah satunya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tangerang Selatan. Aguslan Busro menyatakan bahwa form pengisian LHKPN yang diberikan tahun 2016 sudah selesai dilengkapi dan sudah diberikan kepada sekretariat DPRD Tangerang Selatan. Berdasarkan penuturannya, anggotan dewan yang bertempat tinggal di Pondok Maharta Blok C 11 No 19 ini memiliki lima sertifikat rumah. Namun, kelima sertifikat tersebut diantaranya merupakan warisan, rumah pribadi yang sekarang ditempati, dan tanah yang diberikan kepada putri pertamanya serta atas nama putri sulungnya yang berkuliah di Universitas Budi Luhur.

Rumah yang dihuni bersama istri dan ketiga anaknya tersebut bertingkat dua dengan cat jingga kecoklatan dijaga dengan pagar silver. Memiliki kendaraan beroda empat bermerk Fortuner berwarna putih, Jazz berwarna hitam, dan sejenis Avanza/Xenia/Kijang Inova berwarna hitam. Selain itu, terdapat juga dua buah motor bermerk Scoopy berwarna biru putih dan cokelat putih. Dari dalam rumah di kawasan Pondok Kacang Timur, Aguslan Busro mengatakan:

“Melakukan dengan santun dan benar berpolitik itu enak tidak ada mengganjal di hati tidak ada saling membohongi. Politik harusnya menjelaskan antara hitam dan putih jadi saya akan menyampaikan apa yang harus disampaikan ke masyarakat.”

Dibuat oleh: Gabriela Stefani

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s